Wednesday, January 16, 2013

Pencarian Ala Facebook

Apa yang biasa kita lakukan saat mencari informasi tentang sesuatu? Seseorang? Kegemaran? Kegemaran seseorang? Hahaha... Ini sih buntutnya kepo ya? Tapi saya yakin 98% dari teman-teman akan memulai dengan Googling. Yep, menuju laman Google, kemudian mengetikkan keyword dan list akan keluar di hasil pencarian.



Apa yang terjadi bila sederet text hasil pencarian ini tersaji dalam bentuk lebih yahud yaitu gambar? Bayangan saat sebuah pencarian dan hasil pencarian jadi nyenengin karena mata kita dimanjain kehadiran foto-foto bagus, pasti seru kan ya.


Itu deh yang dilakukan oleh Facebook. Memperkenalkan fitur baru 'Graph Search' dari Facebook.

Mengutip pernyataan Mark Zuckerberg di laman The Independent , ia mengatakan apa perbedaan pencarian web Google dan Graph Search dari Facebook, "Google dirancang untuk mengambil setiap pertanyaan terbuka dan memberikan link yang mungkin memiliki jawaban. Sedangkan Graph Search dirancang untuk mengambil query yang tepat dan memberikan jawaban. "

Penasaran gimana bentuknya? Coba dilihat gambar berikut , beberapa contohnya.

Itu adalah hasil beberapa pencariannya. Detail dan semua ada di Facebook.

Graph Search ini diharapkan menjadi alat rekomendasi disesuaikan untuk bersaing dengan orang seperti Yelp dan TripAdvisor: user bisa mencari film, restoran, atau apa saja yang disukai oleh teman-teman mereka atau pengguna Facebook lainnya. Nggak hanya itu, termasuk mereka dengan keahlian khusus, seperti : "restoran di San Francisco, California, yang disukai oleh Culinary lulusan Institute of America".

Bukan cuma kegemaran, Graph Search ini juga akan bersaing dengan LinkedIn yang memungkinkan pengusaha atau perusahaan mencari pekerja potensial dengan latar belakang dan CV yang tepat. 

Yang tak kalah penting, pemasang iklan dan strategi brand juga bisa mengumpulkan data riset pasar dengan pencarian sederhana. Misalnya program televisi atau produk pesaing yang disukai oleh target demografis mereka di sebuah kota atau negara tertentu.

Apakah ini berbahaya kalau kita dimata-matain orang lain? Jangan khawatir, Facebook tetap menhutamakan kenyamanan penggunanya kok. Buktinya fitur ini juga dilengkapi settingan privacy. Selengkapnya bisa baca di https://www.facebook.com/about/graphsearch/privacy 

Sudah launching kah?
Sabar.. ternyata ini masih tersaji dalam bentuk Beta dan sementara limited bagi yang ingin join untuk share user experience dan hanya English (US) audience.  Bisa mendaftarkan ke 

Lebih lengkapnya tonton video perkenalan dari si Mark ajah yuk (Klik gambar)