Wednesday, June 26, 2013

Thisable Festival


Seorang teman saya pernah mengeluh, "Gue paling sebel kalo jalan ke Mal, tapi nggak ramah untuk pengguna kursi roda. Kesian kan Bokap gue."
Ya, Ayah teman saya sudah beberapa tahun terakhir menggunakan kursi roda. 

Saya jadi ingat waktu kuliah S1, saya pernah punya mata kuliah khusus untuk mempelajari perancangan bangunan khusus Difable (Different Ability). Di Indonesia, masih sedikit perhatian terhadap perlakuan untuk Difable. 

Tiba-tiba terbayang teman-teman atau adik-adik yang masih punya kesempatan lebih untuk berkarya meskipun memiliki keterbatasan. Tidak boleh iba sih, justru kita harusnya malu karena kita yang diberi nyaris kesempurnaan ini justru sering mengeluh, mudah patah semangat, dan sebagainya. Coba perhatikan mereka, mereka itu tangguh!

Teman-teman difable itu memerlukan kesempatan, ruang untuk menunjukkan prestasi dan potensi mereka. Dua pekan lalu saya juga sempat menyaksikan pentas tari oleh Gigi art dance yang berkolaborasi juga dengan teman-teman difable. Dan saya tersentuh, seni tari bisa menyelaraskan lho. Nyaris tak ada batas antar penari. Benar adanya, teman-teman Difable itu butuh kesempatan. 

Oya ada juga komunitas KartuNet, teman teman Tuna Netra yang saya temui saat ON|OFF dua tahun lalu. Berkenalan dengan mereka juga membuat saya terpacu sekaligus berusaha mensupport apa yang bisa saya lakukan untuk memperkenalkan prestasi mereka ke permukaan. Mereka aktif mengelola situs kartu.net dan sering sekali mengadakan aktivasi apapun di situs itu. Menulis atau lomba blog cukup sering deh. Salut.

Well, kalau kalian juga punya perhatian khusus untuk Difable, ada info menarik nih. Hari Minggu, 30 Juni 2013 akan digelar Thisable Festival. Ini juga saya dapat info melalui milist teman-teman yang aktif di bidang social movement. 

Ada apa saja di Thisable Festival ini? 
Rencananya akan ada teman-teman Difable yang akan hadir ke Festival ini tentunya dengan banyak hiburan.  Info lengkap artis yang akan hadir bisa dilihat di http://thisablefestival.com/v2/ . 

Nah, kalau teman-teman mau membantu sebagai volunteer selama acara, @CountMeInID sebagai partner membutuhkan 30 orang Volunteer lho. Kamu bisa kirim email ke: mayamartinie@gmail.com

Oya jangan lupa support juga dengan menambahkan twibbon di avatar FB/ Twitter kamu ! Caranya tinggal klik di sini > Please help support Inclusivity for Difable, add a #Twibbon now! twb.ly/11X4GUM

Semoga dengan Thisable Festival batas pemisah itu benar-benar hilang ya, dan kita berbagi keceriaan bersama teman-teman Difable.


Twitter Thisable Festival: @Thisablefest
Website: Thisablefestival.com