Friday, July 05, 2013

Aksi Charity "#2000SelimutAceh" dan "#2000BerasLombok

Indonesia berduka. Gempa yang mengguncang Aceh membuat kita sejenak merenung dan refleksi, dan pastinya berkolaborasi untuk membantu sesama. Semua berita di media menginformasikan keadaan terakhir di Aceh. Bahkan talkshow di TV pun mengangkat tema bagaimana kita bisa 'bersahabat' dengan bencana.

Kemarin saya terima surat elektronik dari seorang rekan yang aktif di Social Movement.
Selamat Pagi Kawan-kawan,

Halo, perkenalkan aku Andi Pradana ketua dari Tim Tanggap Bencana @LaikaCare based di rawamangun jakarta timur. Mengingat ada kejadian #GempaAceh dan #GempaLombok yang kita ketahui bersama, oleh karena itu aku ingin informasikan dan mengajak untuk kita bergabung bersama melakukan aksi kemanusiaan di Jakarta guna membantu saudara-saudara kita di Lombok dan Aceh yang terkena musibah Gempa.
Informasi profil LaikaCare dapat ditemui di www.twitter.com/laikacare dan www.facebook.com/laikacare

Berikut adalah beberapa hal yang sudah saya dan tim lakukan:
1. Assessment dan gali data informasi terkait kondisi dan kebutuhan para survivor di Lombok dan Aceh. Update lengkapnya ada di akun twitter @LaikaCare.
2. Sebar informasi melalui social media (twitter dan facebook LaikaCare) tentang kondisi terakhir dan aksi galang dana untuk #GempaLombok yang menggunakan hashtag #HelpLombok.3. Sebar informasi melalui social media (twitter / facebook LaikaCare dan DarahUntukAceh) tentang kondisi terakhir dan aksi galang dana untuk #GempaAceh yang menggunakan hashtag #Pray4Gayo.
4. Berkordinasi dengan pihak Lombok (kebetulan disana kami ada rekan dari universitas atmajaya, wartawan tempo dan beberapa aktivis pecinta alam). Dana yang sudah terkumpul beberapa hari lalu sekitar 10 juta dan dalam waktu dekat ini akan kami kirim ke lokasi lalu dibelanjakan kebutuhan para survivor kemudian didistribusikan langsung ke penduduk di Desa Medana Lombok Utara. Kami tidak melalui posko pemerintahan mengingat informasi yang kami dapat dari para survivor, bahwa lebih baik dikirim langsung ke penduduk agar logistik cepat digunakan dan tidak ditahan di posko-posko milik pemerintah (kelurahan atau kecamatan). Kami tetap memantau dan berkordinasi untuk (semoga) dapat terus membantu untuk fase pasca bencana gempa dan fase recovery di Lombok Utara.
5. Untuk Aceh, saya pun sudah berkordinasi dengan pihak Aceh (Posko "DarahUntukAceh" / Posko #Pray4Gayo). Saya sudah kontak dengan Ketua @DarahUntukAceh (Ibu Nunu Hamid) sebagai inisiator Posko Komunitas Gabungan #Pray4Gayo berbasis di Banda Aceh dan sekitarnya. Saya sudah minta ijin kepada beliau untuk juga bergabung bersama dengan gerakan mereka (@DarahUntukAceh, @iloveaceh, @GMAceh, @B2Waceh) dan melakukan aksi kemanusiaan untuk Aceh di Jakarta.
Tawaran aksi bersama untuk kemanusiaan:
Aku pikir akan ada banyak hal yang bisa kita lakukan dan tentunya itu semua masih sangat dibutuhkan mengingat dampaknya yang begitu besar di kedua lokasi bencana tersebut. Oleh karena itu kak, dengan ini aku memberanikan diri untuk mengajak rekan-rekan dari beragam komunitas untuk kita bisa bersama-sama melebur bergandeng tangan melakukan aksi kemanusiaan (entah itu galang dana atau kegiatan kemanusiaan lainnya) untuk Aceh dan Lombok.

Kordinasi dan Ajakan Aksi
Hingga hari ini yang sudah saya lakukan antara lain: menyebarkan informasi melalui social media terkait kondisi terakhir di Lombok dan Aceh. Sudah menggali kebutuhan di Lombok dan Aceh. Dan sudah berkordinasi dengan beberapa komunitas lain seperti @TravellerKaskus, @Kos_Kas, dan @Koskas_Jakarta untuk bergabung bersama beraksi. Dan juga kak Silly @BloodforLifeID, ferdian @BFLact.

Usulan ide:
Setelah saya berkordinasi dengan CouchSurfingID (komunitas backpacker) dan @Kos_Kas (bicycle enthusiasts Kaskus) terdapat beberapa ide aksi kemanusiaan.
Kami berencana untuk melakukan aksi galang dana di Bunderan HI dan seputaran Monas pada saat CFD (Car Free Day) hari minggu pagi. Konsepnya kegiatannya bertajuk "#2000SelimutAceh" dan "#2000BerasLombok. Targetnya adalah menggalang dana untuk memenuhi  kebutuhan Selimut dan Beras dikedua lokasi bencana tersebut. 

Mengapa ada angka 2000? Sederhananya adalah dengan menyumbang minimal Rp2000 berarti sudah ikut membantu sesama kita di Aceh dan Lombok. Yang kemudian hasil galang dana tersebut akan kita arahkan ke rekening @DarahUntukAceh (Posko #Pray4Gayo) di Banda Aceh untuk kebutuhan Selimut dan Posko Medana di Lombok untuk kebutuhan beras.
Melalui postingan blog ini, saya mengajak teman-teman untuk berpartisipasi.
Info lebih lengkap bisa langsung ke  www.twitter.com/laikacare dan www.facebook.com/laikacare.