Friday, September 27, 2013

Ngompol! “Mengupas Kualitas Para Caleg Muda”


Sekali-kali bahas soal Politik dikit gak papa ya? 

Tahu nggak kalian kalo berdasarkan data, ternyata para pemilih muda yang berusia 17-30 tahun jumlahnya banyak banget lho untuk Pemilu 2014 mendatang. Data dari berbagai sumber nyebutin bahwa minimal 30 % dari total pemilih yang terdaftar asalnya dari suara pemilih muda. 

Uda banyak usaha-usaha yang bikin kaum pemilih muda ini sadar untuk lebih melek politik. Karena emang pemilih muda nih memegang peranan yang penting di pesta demokrasi tahun depan. 


Nah simak deh tulisan AyoVote berikut:

Banyaknya jumlah para pemilih muda pada Pemilu 2014 mendatang tidak serta merta diikuti dengan munculnya wajah-wajah baru sebagai calon legislatif yang akan bertarung memperebutkan kursi di parlemen. Menurut  pengamatan Lembaga Pemilih Indonesia dan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat, sekitar 80-90 persen nama dalam DCT (Daftar Caleg Tetap) adalah mereka yang sudah pernah
mencalonkan diri juga pada periode sebelumnya.
Perubahan susunan caleg dari DCS (Daftar Caleg Sementara) ke DCT juga tidak memberi perubahan
signifikan karena masih banyak caleg bermasalah yang ternyata lolos dalam verifikasi KPU. Sebagai
contoh, 36 nama caleg yang dinilai bermasalah dalam laporan Indonesia Corruption Watch (ICW) masih masuk dalam DCT, bahkan beberapa ada di nomor urut pertama.
Terlepas dari maraknya wajah-wajah lama yang kembali bertarung di Pemilu legislatif mendatang, tak sedikit para politisi muda yang juga turut maju untuk ikut serta memperebutkan kursi di parlemen.
Kehadiran para politisi yang berusia muda di bawah 30 tahun bisa dengan mudah ditemui dalam DCT.
Tentu saja kehadiran para politisi muda ini memberikan angin segar karena munculnya wajah-wajah baru yang memberikan alternatif bagi pilihan yang sudah ada selama ini. Tapi kehadiran para politisi muda ini
Apakah yang menjadi motivasi mereka untuk menjadi calon legislatif? Apakah mereka punya kemampuan dan latar belakang yang mencukupi? Apa yang menjadi program kerja mereka? Bagaimana kita bisa yakin bahwa mereka bukan sekadar perpanjangan tangan dari para politisi senior? Apa yang membedakan mereka? Bagaimana mereka membiayai kampanye politik mereka?

Banyak yaaaa pertanyaan yang bisa terlontar mengenai partisipasi para caleg muda ini, makanya dateng yuk ke acara NgomPol! 

Ayo Vote dan Provocative Proactive, bekerjasama dengan Majalah Indonesia 2014, kembali menggelar diskusi NgomPol (Ngomongin Politik) yang akan diselenggarakan pada:

Waktu : Jumat, 27 September 2013

Pukul : 19.00 – selesai

Tempat : Atrium eX Plaza Indonesia, Jakarta

 Jl. M.H Thamrim Kav 28-30

Jakarta Pusat, 10350

Biar kita melek nih sama politik dan untuk siap-siap milih di tahun depan!


Rilis:
Ngomongin Politik (NgomPol) 27 September 2013