Wednesday, March 21, 2012

Prologue: Duniaku Dunia Maya dan Nyata

"Hallo semua, saya Salsabeela..." Semua orang menatapku, tak berkedip. Ada yang salah dariku?

***
Bekerja di media adalah impian semua orang kurasa. Begitu juga aku. Meski tak belajar khusus di bangku jurnalis namun orang-orang mengatakan tulisanku sangat sayang bila hanya disimpan. Kata orang, dengan menulis, kamu bisa mengubah dunia hanya dengan kata-kata. Wow.

"Hebat ya, kamu liputan kemana aja?"
Begitu pertanyaan dari setiap orang yang kuberitahu bahwa aku sekarang bekerja di media. Dan aku selalu meralatnya, "Oh nggak kok. Aku bekerja di bagian Marketing."

Nah bila sudah kukatakan aku bekerja di bagian marketing, pertanyaan selanjutnya dari mereka adalah "Wah... ketemu banyak orang donk?". Biasanya aku menghela nafas dan menjelaskan lagi, bahwa dunia marketing yang kugeluti adalah marketing online. Aku hanya bergerak dari depan laptopku di dalam kantor media.

Ya tentu saja, sebagai marketing aku bertemu banyak orang bahkan ribuan orang.  Namun, aku hanya bertemu di dunia maya dengan mereka. Marketing online yang aku tekuni adalah marketing komunitas. Maka jangan heran bila kuceritakan aku bertemu ribuan orang dalam satu waktu, lewat internet. 

Selama ini aku selalu nyaman berpenampilan casual, bahkan wajah ini cukup dipoles bedak tanpa blush on, apalagi eye shadow dan maskara. Alasannya sederhana, karena aku hanya bertemu dan menyapa semua anggota komunitas di dunia maya. 

"Salsabeela, kamu pegang project ini ya, bikin kopdar ama anak-anak komunitas."
DEG!
Kopdar? Berarti gue akan bertatap muka dengan ribuan anggota komunitas yang selama ini kusapa di platform jejaring sosial saja. Rasanya dunia seperti mau runtuh. Aku yang nyaman dengan berpenampilan seadanya akhirnya harus berhadapan dengan publik.

Internet adalah makanan sehari-hari. Jadi yang aku lakukan pertama kali untuk mempersiapkan kopdar adalah gugling! Sahabatku hanya menggeleng-gelengkan kepalanya. Setelah menyelesaikan konsep dan persiapan acara kopdar di jam kerja, aku sibuk mempersiapkan diri. Aku mencari bagaimana video tutorial make over. Lalu mencari baju yang tepat!

Dan kutemukan baju yang kurasa pas untuk kukenakan di hari H.
Red Hero Blazer- salsabeelashop.com
Akhirnya hari yang ditunggu pun tiba. Aku termasuk orang yang talkactive  baik di dunia maya dan dunia nyata. Jadi dengan bekal untuk tampil hari ini aku sudah cukup pede. Saat kesempatan membuka acara tiba, aku hanya berdoa semoga wedges ini tidak merepotkan, dan blush on-ku tidak semakin merah karena malu.

"Hallo semua, saya Salsabeela..." Semua orang menatapku, tak berkedip. Ada yang salah dariku? Di sudut ruang sahabatku mengacungkan jempolnya. Well, itu cukup memompa kepedeanku untuk meneruskan ocehan di acara kopdar bersama komunitas. Dan semua berjalan sempurna! 

***

Ditulis untuk Salsabeela’s Writing Competition by @salsabeelashop

Saya yang bekerja di media online :)