Tuesday, March 27, 2012

(Segera) RIP Yahoo! Meme

Bohong kalau kamu nggak tahu Yahoo! beserta semua layanannya. Mungkin sebagian besar kita hanya tahu menggunakan email dan messengernya. Tapi sebenarnya, Yahoo! memiliki banyak macam platform jejaring sosial. Ada yang meneyrupai Faceboook dengan Yahoo! 360 ° dan ada  yang menyaingi Twitter dan Tumblr.

Microblogging apa yang berambisi menyaingi Twitter tersebut? Platform ini bernama Yahoo! Meme. Platform ini rilis Agustus 2009 yang lalu. Apa yang membedakannya dengan Twitter? Yahoo! meme tidak sebatas posting teks, tapi  fitur lainnya adalah  upload photoembed video serta musik. Memang mirip Tumblr juga sih jatuh-jatuhnya , tapi desainnya cakep dan kalo dipikir-pikir  layanan ini punya  nilai plus.

Pagi ini saat sudah cukup lama nggak membuka Yahoo! Meme saya, cukup shock juga nih. Ada notifikasi di halaman depannya.

Dinyatakan pada pengumuman oleh Yahoo! bahwa Yahoo! Meme akan ditutup 25 Mei 2012.
Sebagai bagian dari komitmen Yahoo! untuk menghadirkan konten dan alat Web yang berguna bagi banyak orang, kami memprioritaskan portofolio sehingga kami bisa berfokus pada kekuatan inti dan inovasi baru
 Dengan alasan untuk fokus pada inovasi yang lebih baik ke depannya, Yahoo! Meme terpaksa disudahi. Well, memang sih platform ini kurang famous. Tapi kalau dipikir, sayang juga. Followers saya di akun ini sudah mencapai 316.606 lho :D


Menghadapi penutupan tersebut, Yahoo! menawarkan beberapa fase:


- Blog Mim akan tetap tersedia hingga 25 Mei 2012. Sampai tanggal tersebut, Anda bisa membuka posting dan menyimpan gambar yang diinginkan ke komputer. Anda bisa mengekspor semua teks dan gambar dari posting yang dibuat dengan membuka halaman Pengaturan dan mengklik “ekspor posting saya”. Anda juga bisa membuka halaman Pengaturan Untuk menghapus accountAnda.

- Pada 25 April, Mim akan masuk ke mode "fungsi berkurang". Artinya, account baru, posting baru, atau komentar baru tidak akan diperbolehkan. API Mim akan berhenti menerima Sisipan dan Update. Anda masih akan bisa mengakses segalanya, mengekspor blog atau menghapus account Anda.

- Pada 25 Mei, kami akan mematikan situs dan semua URL Mim tidak akan bisa diakses. Sejak tanggal itu, Anda tidak akan bisa mengakses Mim lagi. Account Yahoo Anda tetap tidak terpengaruh.

Nah Yahoo! pun menyarankan Anda untuk bisa memindahkan data-data Anda dan menghapus akun. Jadi ucapkan selamat tinggal untuk Yahoo! Meme. Sayonara Yahoo! Meme!