Wednesday, June 27, 2012

Festival Museum Day 2012

Sabtu itu saya semangat pergi kuliah. Kenapa? Karena agenda perkuliahan di 2 jam terakhir adalah field trip! Yay! Mahasiswa S2 kok field trip? Emang terdengar agak aneh sih, biasanya yang melakukan field trip adalah siswa-siswi sekolah yang menghabiskan liburan. atau untuk pelajaran sejarah, berkunjung ke museum. Tapi memang benar adanya, saya dan teman-teman sekelas dari Magister Komunikasi Mercubuana sore itu berjalan-jalan ke Kota tua. Yah ini nih namanya #EnjoyJakarta dengan cara baru! :)

Ada apa di Kota tua? 
Semua berawal dari pertanyaan dosen Creative Communication saya, Bu Emilia Bassar, "Ada yang tau dimana Museum Wayang? Siapa yang belum pernah ke Museum Wayang?". Pertanyaan ini dilontarkan di awal-awal semester sebagai ice breaking. Ternyata banyak teman-teman yang belum pernah mengunjungi museum Wayang, termasuk saya juga.  Saya hanya bisa menjawab letak persisnya di pojok dekat cafe batavia, karena saya sering ke Kota tua dan hanya melihat dari jauh tulisan ' Museum Wayang'.

Memalukan sih, mengingat Pak Ananta, salah satu rekan di kelas yang juga dosen Diskomvis Mercubuana, beliau adalah aktivis seni dan budaya yang concern dengan Museum Wayang. Bahkan sempat bekerja di tempat itu. 

Selang beberapa minggu setelahnya, email dari Bu Emilia kami terima. Dia mengatakan perkuliahan minggu depan akan diadakan field trip ke Kota tua. Kebetulan sedang digelar ' Festival Museum Day 2012' disana. Ya, ternyata Dinas Pariswisata dan Kebudayaan DKI Jakarta megadakan Festival Museum Day 2012 di Museum Fatahillah, kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, Sabtu (19/5). Penasaran, saya guglinglah. Owh.. ternyata festival ini sudah digelar rutin tahun ke tahun. Makanya saya semangat penasaran disulap seperti apa halaman Museum Fatahillah kota tua itu untuk event ini?


Festival Museum Day 2012
Di pelataran museum Fatahillah ternyata telah hadir stand-stand mini merepresentasikan museum yang tersebar di penjuru DKI Jakarta. Stand ini berbentuk letter U, dengan area fokus pada main stage di fasad depan Museum Fatahillah.

Ah ternyata tidak seseru yang saya bayangkan. Karena stand-stand yang meramaikan festival ini pun tidak dapat maksimal menjadi miniatur museum mereka masing-masing. Tentu saja koleksi museum tidak dapat didisplay, tapi setidaknya harus ada cara yang lebih kreatif dari stand-stand tersebut.

Yang menarik saya hanya satu stand di pojok. Yap, stand ini punya Museum Bank Mandiri. Berikut beberapa aktivitas stand yang dilakukan untuk meramaikan pengunjung.










Karena saya protes festival ini nggak oke. Akhirnya Dosen saya merubah tugas menjadi 'Buatlah proposal kreatif untuk mengadakan Festival Museum Day 2013"

Nah kalo mau tau tugas saya dan teman-teman soal proposal kreatif tersebut bisa lihat di sini :