Friday, September 28, 2012

Chit-Chat, Yes We Chat

WeChat Menggebrak Pasar Social Messaging dengan Serangkaian Fitur Kaya Multimedia
Merintis Tren Baru di Indonesia, Menyusul Kesuksesannya di Pasar Internasional

Pernah denger WeChat nggak?
Pertanyaan itu terlontar dari teman saya di desk IT. Saya bengong mikir. Setau saya kalo chatting ya make YM! atau Skype atau Whats App. Sontak saya menggeleng sebagai bentuk jawaban atas pertanyaan teman saya.

Lalu ia menjelaskan. WeChat merupakan layanan komunikasi sosial yang tersedia untuk berbagai perangkat smartphone.  Dan ternyata hari ini, WeChat telah merangkul lebih dari 200 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia. WOW itu hampir setara dengan total populasi Indonesia. 
Pertanyaan saya berikutnya, apa yang membuat WeChat melejit? Ternyata meroketnya popularitas WeChat karena ditunjang oleh fitur-fitur inovatif produknya yang memungkinkan para penggunanya untuk menambah teman baru, menjalin koneksi, serta berbagi momen-momen penting mereka dengan mudah dan menyenangkan. Yap, sangat menjawab kebutuhan digital natives!


Mengutip penjelasan Dennis Hau, ketua pusat produk internasional Tencent International Product Business Group
 “WeChat bukan sekadar aplikasi instant messenger untuk ponsel, namun lebih merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk memperkenalkan cara berkomunikasi yang baru di mana para penggunanya dapat saling terkoneksi lewat fitur-fitur menarik, di antaranya hold-to-talk voice messaging, video chat, photo sharing dan shake to find friends. Masyarakat menginginkan sebuah platform yang mampu mewadahi semua fitur tersebut demi meningkatkan pengalaman mereka dalam berkomunikasi secara sosial. Lewat WeChat, kami yakin bisa memenuhi semua keinginan tersebut.”

Lanskap penggunaan perangkat seluler di Indonesia rupanya sangat variatif. Masyarakat kita ini semakin lama semakin menuntut keberadaan sebuah platform yang tidak akan membatasi lingkup sosial mereka. Ya buat ngeksis dan rumpi gituhlah. Mereka mengharapkan aplikasi yang memungkinkan mereka untuk chatting serta berbagi pengalaman tanpa terbatasi OS, harga, maupun merk perangkat mereka. 

Data dari IDC, mengatakan Android tuh  platform yang paling banyak disukai lho...  sebesar 52%. Yay! Kebukti kan betapa populernya ponsel layar-sentuh. Nggak heran kalo WeChat targetnya untuk smartphone.

Apa aja fitur uniknya?
Baca deh di postingan gue yang ini   :D