Tuesday, October 02, 2012

Chatting di Smartphone dengan WeChat


Sebelumnya saya udah sempet cerita pengantar tentang WeChat (Baca selengkapnya di sini)

Jadi..  WeChat adalah aplikasi pesan suara dan teks gratis yang memungkinkan para penggunanya untuk saling berkirim teks, pesan suara, emoticon, gambar, video, dan fail-fail lainnya. Pengguna juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk video chat, menambah teman baru lewat fitur sosial yang aplikasi miliki, memanfaatkan Location-based services, serta berbagi cerita mereka melalui fitur ‘Moments’.

WeChat dapat digunakan dalam berbagai platform smarphone. Aplikasi itu kini sudah tersedia untuk Android, iOS (termasuk iPhone dan iPad), Windows Phone, dan OS Symbian. 




Nah ini fitur-fitur unik yang WeChat tawarkan untuk dinikmati para penggunanya misalnya:

Location-based Service (LBS)
Dengan menggunakan akselerometer yang tersedia di dalam perangkat masing-masing, dipadukan dengan GPS dan fitur lain, para pengguna dapat saling bertukar informasi seperti foto dan alamat kontak dengan pengguna WeChat lainnya. Location-based Service yang telah terintegrasi dengan aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman maksimal dalam menggunakan media sosial. Fitur ini khususnya sangat mempermudah pengguna untuk memperluas jaringan sosialnya dengan cara mempertahankan koneksi dengan teman di daerah sekitar mereka maupun dengan cara menemukan dan menjalin pertemanan dengan orang-orang baru, lewat cara yang nyaman dan aman.


Look Around: Dibantuk aplikasi ini, pengguna dapat menemukan teman-teman baru atau tetap terhubung dengan anggota komunitas WeChat yang lain.




Hold To Talk
Fitur unik ini merupakan cara baru untuk saling berkirim pesan suara (voice messaging) hanya dengan satu sentuhan. Hold to Talk dapat menjadi alternatif pengganti sambungan telepon, mengingat fitur ini gratis dan tidak akan menghabiskan pulsa pengguna. Pengguna WeChat di Indonesia yang seringkali mengkhawatirkan biaya pemakaian biaya telepon mereka dapat memaksimalkan penggunaan fitur ini tanpa harus terus menerus mengisi pulsa saat memerlukan percakapan panjang lewat ponsel mereka.


Video Call
Dengan WeChat, para pengguna dapat saling berinteraksi dengan lebih nyata melalui video call. Serupa dengan Hold to Talk, pengguna tidak perlu mengeluarkan pulsa tambahan untuk menggunakan fitur ini, sekaligus dapat menjadi alternatif yang lebih baik dari sambungan telepon biasa.









Moments
Para pengguna WeChat dapat menghadirkan momen-momen (‘Moments’) spesial mereka melalui gambar dan teks dan membagikannya hanya dengan teman-teman terpilih sehingga kerahasiaan konten tersebut akan tetap terjamin. Pengguna juga dapat memperkenankan teman-teman mereka untuk memberi komentar maupun me-“like” konten yang mereka unggah. Momen-momen paling berkesan dapat dibagi dengan orang-orang terkasih hanya lewat beberapa langkah mudah.
 
Fitur-fitur tersebut tentunya hanya sedikit dari banyak keunggulan WeChat. Para pengguna juga dapat menikmati sesi group chat dengan banyaknya pilihan emoticon beranimasi serta emoji, background yang bisa diubah sesuai keinginan, serta mini game Rock-Paper-Scissors atau gunting-kertas-batu. Tidak seperti aplikasi konvensional dan statis lainnya, fitur-fitur WeChat dapat diperluas di kemudian hari dengan menggunakan plug-in system sebagai pemanja tambahan bagi para penikmat messenger service di mana pun berada. Dengan pemutakhiran software serta perbaikan yang terus menerus, pengguna dapat menikmati keunggulan aplikasi ini tanpa batas.