Ceritanya, tempo hari saya mendapat info dari seorang teman yang suka jalan-jalan alias berpetualang. Dia berencana berpergian karena melihat satu destinasi wisata dari social site travel ini. Social site travel ini bernama 'Burufly'. Saya sempat bertanya ulang padanya, "Apa? Burufly?". Dan ya, memang namanya Burufly.com.
Apa itu Burufly
Setelah ia menjelaskan, saya sedikit mengerti apa hubungan Burufly dengan hobinya yang jalan-jalan itu. Kalau selama ini kita hanya familiar dengan nama-nama sosial media/networking seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Path, yang emang asalnya dari luar sana, nah kali ini hadir social site dengan sejuta pesona Indonesia. Named it, burufly.com.
Namanya juga situs sosial yang basisnya travel, jelas donk isisnya foto-foto destinasi wisata Indonesia yang jelas indah banget! Karena masih baru, belum seluruh dataran Indonesia sudah termaktub di dalamnya. Tapi, pasti kedepannya 33 provinsi Indonesia akan segera tersajii di sana.
Dalam wawancaranya di salah satu situs web travel, si pendiri burufly, Pete Goldsworthy mendeskripsikan bisnis core platform ini dalam satu paragraf:
Creating a community of consumers that are targeted primarily with curated content, then return to the site frequently because of the social connectivity and sharing. This approach creates demand and hype for destinations, so each is overlaid with packaged travel solutions that will be easy to buy online.
Dikatakan juga, kalau mau dibandingkan, burufly.com ini bisa disejajarkan dengan pinterest. Basicnya sharing foto. Dan jangan kaget ya, foto-foto di burufly ini bagus-bagus banget. Dan bikin kita jadi pengen liburan.
Web Analysis
Kalau mau bicara teknis dikit, saya iseng gugling keyword burufly dan menemukan analisa tentang webnya. Burufly.com memiliki waktu loading 1.205 sec, dan ini termasuk sangat baik lho. Pageranknya 1/10 dengan jumlah visitor 420 dan pageview 1.608 per hari. Untuk ranking alexa di Indonesianya, burufly masih di posisi 19.217.
SWOT
Dikutip dari situs web travel, Pete mebeberkan analisa SWOTnya untuk burufly.com ini.
Q: Competitive analysis – strengths, weaknesses, opportunities and threats
Strengths:
1. New channel for merchants, they regard burufly as a social or lifestyle channel.
2. Intimate local digital and consumer knowledge mixed with international experience.
3. Design and imagery: we have over 2 terabytes already.
4. Unique editorial content: with the most complete destination guides in Indonesia
5. Booming travel market with almost 1000 new hotels being built across all of Indonesia.
Weaknesses:
1. Destinations unknown: Bali, Jakarta and Yogyakarta are top sellers but others require a lot of education.
2. International tourism: the growth potential for Burufly is from the 70million middle class. International tourists are less than a 1/2 of what Malaysia attract. This is a problem we would like to fix.
3. Perception that packaged is more expensive when in fact in comparison it is much more cost effective to buy bundled.
4. Low penetration of credit cards in market.
Opportunities:
1. Social Scaling: not having to pay for advertising on Google to grow audience. With Social deeply imbedded in the site and leveraging Facebook’s dominance in market we can grow virally.
2. Potential pivots once core business and partnerships with merchants is established.
3. User generated content: People love to share in Indonesia.
4. Airlines: tying up with one or two carriers to provide complete packages.
5. Technology targeting: our UI enables us to target users based on their clicking behavior (think ad targeting contextual and content based).
Threats:
1. Balance between social and e-commerce: not moving too far in either direction.
2. Agoda dominates the market and bullies merchants, market needs balance
Setelah saya baca saya jadi punya gambaran masif tentang burufly. Kombinasi social site dan kedepannya akan menyerupai travel agent juga karena monetize hotel dan iklan sudah pasti akan dilakukan.
Well, sebelum melihat lebih jauh tentang burufly.com kedepannya mending buruan liat-liat foto-foto seru di dalamnya. Bisa dipastikan kamu akan ternganga deh, anatar percaya gak percaya Indonesia ternyata masih punya banyak sisi cantik yang tersembunyi! Siap-siap liburan yuk!!
ah informasi yang penting banget nih, jadi pengen ikutan berbagi foto di sana
ReplyDeletesalam kenal ya dari Pontianak
yukkk sharing keindahan pontianak lewat jejaring tadi :)
DeleteMenarik sekali pembahasannya :)
ReplyDeleteSemoga pariwisata Indonesia makin terpublikasikan :)
Salam kenal Mbak,
Aaminn. Wisata Indonesia harus lebih eksis di dunia. Salam kenal :)
DeleteMnuju ke situsnya mba Galoeh. Keren juga ya. jadi nantinya ga bingung mau jalan-jalan di Indonesia.
ReplyDeleteIya destinasi wisata yang tersembunyi bakal terkuak lewat burufly :)
DeleteTravlogue.com juga social travel Indonesia yang saat ini sedang dikembangkan dan hampir rampung.
ReplyDeleteDi travlogue traveler bisa upload photo dan cerita ataupun review tentang hotel, restoran dan tempat2 wisata menarik.
Traveler juga bisa bertanya dan meminta rekomendasi mengenai segala hal di tempat wisata yang akan dituju.
Pokoknya Travlogue bener2 social travel deh.
wah, saya mengetahui website ini saat mengklik iklannya di website baca manga hehe
ReplyDeletewell, website ini bagus dan cocok banget buat travelling dan fotografer travelling :)
kok saya langsung punya akun ke web ini ???
ReplyDeleteweb ini sbnarnya gmna yah ??
Lumayan juga infonya bikin aku makin tahu dengan burufly, ok terus berbagi deh?
ReplyDeleteSalam kenal, mbak Galuh....
ReplyDeleteBagus sekali penjelasannya!
Saya juga baru saja daftar untuk ikut contest-nya. Dan itulah kerennya burufly, lagi banyak2in contest landscape photography demi dikenal lebih.
Bagi yg suka jalan dan foto2 pemandangan, silakan aja ikut. Foto2nya dimoderasi dulu, makanya yg ditampilkan pasti dengan kualitas yg bagus.
Ini coba tengok account burufly saya:
http://www.burufly.com/george.martinus.makanangin/
Salam!!!! :D
Delete