Wednesday, March 26, 2014

#Pemilu2014: Orang Pintar Pilih Siapa?

"Mbak, Pemilu nanti mau milih siapa?"

Tiba-tiba driver Taxi yang lagi saya tumpangi bertanya.

"Mmm... siapa ya...?"

Saya menjawab tidak pasti.

"Saya bingung mbak, mau milih siapa. Jokowi kok bohong ya mbak. Kalo SBY, saya kuapok milih dia."

Saya hanya terkekeh mendengar celotehan si bapak driver ini.

"Jadi mbak mau milih siapa dong?"

"Nggak tahu pak..."

"Wah mbak ajah yang orang pinter nggak tahu mau milih siapa, apalagi orang bodo kayak saya. Bingung mbak saya jadi rakyat."

JLEB.

Lalu saya merenung-renung. Belakangan menjelang Pemilu Legislatif 2014, lingkungan saya sudah mulai marak dengan sampah visual poster-poster muka orang-orang yang saya tidak tahu apa latar belakang pendidikannya, apa profesinya, bagaimana kompetensinya. Mungkin yang bisa saya sedikit menuduh tahu adalah bila poster orang yang mengaku Caleg itu terpasang di mobil, berarti cukup punya modal. Kalau yang hanya fotokopian hitam putih ditempel di pohon , mungkin kurang modal.

Selain itu, friend circle saya di dunia maya pun mulai bersuara. Ada yang pro ke salah satu capres, ada yang kontra dengan salah satu partai, ada yang merasa kecewa karena dibohongi, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyak, yang paling banyak saya temui yang ingin Golput saja. Sedih.
Saya pernah menulis status di Path dan Facebook: 
Gimana Caleg bisa menyuarakan visi misinya? Gimana rakyat yg mau milih tau kompetensi Caleg?
Duh.
Kudunya medianya tak hanya sekedar poster/baliho/spanduk dgn foto wajah caleg dilengkapi kotak kotak dan nomor urut plus gbr paku nyoblos.
Seandainya media mainstream memberi ruang GRATIS buat para Caleg utk eksis sekedar ngenalin diri.
Kontestan ajang pencarian bakat aja dikasih kesempatan kasih unjuk kehebatannya. Lalu pemirsa boleh memilih pada siapa dukungan diberikan.

Apalagi utk milih wakil rakyat?! Kudunya ya ada ruang yg sama bagi siapapun caleg dong ya? Bkn cm yg punya uang yg bisa dikenal.

Masak gue lebih semangat vote Indonesian Idol drpd Pemilu?!

Apalagi utk milih wakil rakyat?! Kudunya ya ada ruang yg sama bagi siapapun caleg dong ya? Bkn cm yg punya uang yg bisa dikenal.
Masak gue lebih semangat vote Indonesian Idol drpd Pemilu?!

Setuju nggak?

Belum terlambat sih untuk kenal lebih dekat dengan Calon Anggota Legislatif yang akan kamu pilih di tanggal 9 April nanti. Bisa cek profil CALEG di laman ini>

No comments:

Post a Comment