Friday, February 12, 2010

Captcha Hati


"Iya, aku nyaman dengan kamu."

"Kamu yakin?"

"Yakin. Kamu?"

Aku diam.

"Kalau kamu belum yakin, aku nggak maksa. Aku membebaskan kamu."

Tapi aku takut dia berubah Tuhan.... Aku membatin

"Kamu nggak usah takut, aku akan tetap seperti ini, apapun jawabanmu. Dan nggak usah terburu-buru."

Dia seperti bisa membaca pikiranku. Aku masih diam.

"Aku hanya bisa berdoa, supaya hati kita masing-masing bisa membuat pilihan yang terbaik dan kita bisa menghargai keputusan kita."

Aku tersenyum mendengar kalimatnya yang sudah dua kali dia ulangi ke aku.

"Iya. Makasih. Malam, see you tomorow"

Aku menyudahi perbincangan dengannya melalui handphone. Tuhan beri aku keyakinan. Hati ini masih rapuh. Aku merasa belum sanggup menyaring rasa yang masuk. Beri aku alat Tuhan untuk bisa memilih dan memilah rasa baru. Aku menghela nafas. Dia baik. Sangat baik. Apa dia yang terbaik, Tuhan?

Aku berharap saat mataku terpejam aku mendapat jawabnya. Beri aku petunjukmu Tuhan.

Aku terlelap.


*

"Hey!"

"Ya?"

"Kamu yakin?" Aku bertanya.

"Yakin."

"Nih."

"Apa ini?"

"Kalau kamu memang orang terpilih, kamu akan bisa mengakses halaman ini."

Dia tampak sedikit bingung dengan penjelasan singkatku meski tetap menerima laptop yang kusodorkan.

"Oh, oke..."

"Jadi?" tanyaku.

"Aku berhasil."

Aku terkejut dan diam.

"Ini sangat mudah, karena ini datang dari hati." dia menjelaskan.

"Apa yang kamu ketik tadi?"

Dia tersenyum, dan menjawab.

"Kode captcha untukmu hanya I-L-U-4-3-V-3-R, and im sucsessfully logging in."


****

CAPTCHA atau Captcha adalah
suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia

CAPTCHA: Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart


No comments:

Post a Comment