Monday, July 26, 2010

Reminder dari Ibu

Dua hari yang lalu tepatnya 23 Juli 2010  atau 11 bulan Sya'ban menurut kalender Hijriyah, Ibu saya menelpon. "Nduk besok (besoknya orang Jawa) puasa ya." Begitu kurang lebih intinya. Aku mengiyakan dengan menjawab "Insya Allah"

Esoknya reminder itu datang lagi, tepat di jam sebelum aku tidur, di 24 Juli 2010 atau 12 bulan Sya'ban. "Jangan lupa puasa 13,14,15 Sya'ban. Minggu, Senin, Selasa"

Esok dini hari, 1 panggilan tak terjawab membangunkanku di sepertiga malam terakhir. Ya, Ibu membangunkanku lewat telepon. 

Pagi ini, sms Ibu datang lagi menanyakan apakah aku berpuasa atau tidak. 
Ya Ibu memang rajin mengingatkanku. Love u Mom.
Insya Allah tahun ini berpuasa tengah bulan di bulan Sya'ban.

Saya tadi coba blogwalking, dan menemukan artikel ini dibawah yang say akutip langsung tentang Nisfu Sya'ban

Hari atau malam pertengahan bulan Sya'ban (15 Sya'ban). Nisfu artinya setengah atau seperdua dan Sya'ban adalah bulan kedelapan dalam perhitungan tahun Hijriyah. Kata Sya'ban berasal dari kata syi’ab (jalan di atas gunung). Dikatakan Sya'ban karena pada bulan itu ditemui berbagai jalan untuk mencapai kebaikan.


Malam Nisfu Sya'ban dimuliakan karena pada malam itu, dua malaikat yakni Raqib dan Atid, yang mencatat amal perbuatan manusia sehari-hari, menyerahkan catatan-catatan amal tersebut kepada Allah SWT. Pada malam itu pula catatan-catatan itu ditukar dengan yang baru. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, “Bulan Sya'ban itu bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Ia adalah bulan yang diangkatkan Tuhan amal-amal. Saya ingin diangkatkan amal saya ketika sedang berpuasa.” (HR An-Nasa’i dari Usamah, sahabat Nabi SAW).

Di samping itu, pada malam Nisfu Sya'ban turun beberapa kebaikan dari Allah SWT untuk hamba-hamba-Nya yang berbuat baik pada malam tersebut. Kebaikan-kebaikan itu berupa syafaat (pertolongan), maghfirah (ampunan), pembebasan dari azab dan sebagainya. Dengan demikian, malam Nisfu Sya'ban antara lain dinamakan juga malam syafaat, malam maghfirah, dan malam pembebasan.

Sehubungan dengan malam Nisfu Sya'ban yang dinamakan juga malam syafaat, Al-Ghazali mengatakan, “Pada malam ke-13 Sya'ban, Allah SWT memberikan kepada hamba-hamba-Nya sepertiga syafaat, pada malam ke-14 diberikan-Nya pula dua pertiga syafaat, dan pada malam ke-15 diberikan-Nya syafaat itu penuh. Hanya yang tidak memperoleh syafaat itu ialah orang-orang yang sengaja hendak lari dari pada-Nya sambil berbuat keburukan seperti unta yang lari.”

Malam itu juga disebut malam maghfirah karena pada malam itu Allah SWT menurunkan ampunan-Nya kepada segenap penduduk bumi. Di dalam hadis Rasulullah SAW dijelaskan, “Tatkala datang malam Nisfu Sya'ban, Allah memberikan ampunan-Nya kepada penghuni bumi, kecuali bagi orang yang syirik dan berpaling pada-Nya.” (HR Ahmad)

Selain itu malam Nisfu Sya'ban disebut malam pembebasan karena pada malam itu Allah SWT membebaskan manusia dari siksa neraka. Sabda Nabi SAW di dalam hadis yang diriwayatkan Ibn Ishak dari Anas bin Malik, “Wahai Humaira (Asiyah RA) apa yang engkau perbuat pada malam ini? Malam ini adalah malam Nisfu Syakban, di mana Allah memberikan kebebasan dari neraka laksana banyaknya bulu kambing Bani Kalb, kecuali (yang tidak dibebaskan) enam, yaitu; orang yang tidak berhenti minum khamr, orang yang mencerca kedua orangtuanya, orang yang membangun tempat zina, orang yang suka menaikkan harga (secara aniaya), petugas cukai (yang tidak jujur), dan tukang fitnah.” Dalam riwayat lain disebutkan tukang pembuat patung atau gambar sebagai ganti petugas cukai.

Salah satu amal yang biasa dilakukan sebagian orang pada malam Nisfu Sya’ban adalah shalat sunah Nisfu Sya'ban sebanyak 100 rakaat. Shalat sunah tersebut ditentang keras oleh Imam Nawawi dalam kitabnya Al-Majmu’ Syarh Al-Muhazzab (Kumpulan Penjelasan tentang Buku Al-Muhazzab). An-Nawawi memandang hadis-hadis yang menerangkan shalat tersebut adalah hadis maudu’ (hadis palsu). Oleh karenanya, melaksanakan shalat tersebut adalah bidah. Apa yang diungkapkan Imam Nawawi diikuti pula oleh Sayid Abu Bakar Syata ad-Dimyati (ahli tasawuf) dalam kitabnya, I’anat At-Talibin (Panduan bagi Siswa).
Sumber: Masjid Istiqlal/rakyataceh.com

7 comments:

  1. wah mengharukan yaa

    ReplyDelete
  2. aku juga puasaaaa :)) hihi.

    ReplyDelete
  3. Tapi, hati-hati Bid'ah juga...
    Lengkapnay coba baca deh postingan ini
    http://tausyiah275.blogsome.com/2007/08/27/malam-nisfu-syaban-bidah-kah/

    ReplyDelete
  4. AKu ga puasa mbak. Cuma di malam nisfu sya'ban biasanya tirakatnya dilebihin. Hihihi...

    ReplyDelete
  5. mmm.. puasa tengah bulan niatnya gak dikhususkan mungkin lebih baik ya?
    Wallahu'alam ... :)

    ReplyDelete
  6. Nawaitu shou Nisyfi Sya'ban.. lillahi tala?

    ReplyDelete