Monday, April 16, 2012

Social Movement: 1 Paris 1 Moslemah

"Kapan kamu make jilbab?"

Pertanyaan itu sudah lama tidak saya dengar. Mungkin karena saya memulainya sudah lama, sejak tahun 2001, maka pertanyaan seperti itu sudah tak lagi mampir ke telinga saya. 

hijab101.tumblr.com
"Sudah pernah membantu teman yang baru memulai mengenakan hijab?"
DEG.
Pertanyaan ini yang seumur-umur belum pernah dipertanyakan pada saya. Dan jawaban saya "Belum." 

Tak pernah terpikirkan sebelumnya untuk menshare pengalaman saya saat pertama kali mengenakan hijab. Ya karena saya merasa bukan orang yang pantas berkoar-koar soal hal-hal yang berbau religi terkait hijab. Tapi coba kita lihat sekeliling kita saat ini. Mengenakan hijab saat ini bukan hal yang 'baru' tidak seperti saat 10 tahun yang lalu. 
Saya menulis ini hanya sebagai seorang manusia biasa yang tergerak (akhirnya) untuk berbagi pengalaman. Dan juga saya menulis ini sebagai orang yang sangat cinta dengan social media dan cukup gaul di dunia maya tersebut.

Hijab saat ini sudah identik dengan modis. Siapapun yang mengenakannya masih bisa tampil dengan 'gaya'. Tentunya tanpa mengesampingkan syariah sebagai landasan utama niat mengenakannya. (Aduh di titik ini saya menulis , kok rasanya saya belum pantes ya? ) 
Saya masih ingat waktu mengenakan hijab saya terbantu sekali dengan pengalaman sebelumnya. 3 tahun sebelumnya saya bersekolah di Muhammadiyah 2 dimana saat berseragam sekolah, jilbab adalah satu paket dengan seragam. Lalu masuk ke bangku kuliah, universitas saya yang mewajibkan menggunakan baju muslimah di hari Jumat (pada saat saya semester 1 & 2) dan wajib setiap harinya saat di semester 3 dst. Selain itu, kegiatan saya di luar jam kuliah, yakni UKM Marching Band pun mewajibkan anggotanya menegnakan hijab saat berkegiatan di organisasi.  Jadi mengenakannya bukan hal yang asing. Saya sudah beradaptasi sebelumnya.

Mungkin bagi sebagian 'newbie' tidak mengalami proses yang sama dengan saya. Tiba-tiba saja tergerak ingin mengenakan hijab. Saran saya bila keinginan itu sudah ada, realisasikan segera. Tidak perlu cemas. Allah tahu hati dan niat kita. Insya Allah semua akan dilancarkan dan dipermudah. 

Gimana sih biar hijab terlihat cantik? Teman-teman 'newbie' bisa gugling dan temukan banyak start up/ situs hijabers yang bisa disimak. Kalau membutuhkan temen sharing tentang pengalaman awal mengenakan hijab, di era social media ini saya tiba-tiba bertemu dengan @athya_ yang bercerita langsung tentang niatnya untuk menggerakkan @hijab101  .

Social movement ini didedikasikan untuk 'newbie' yang butuh saran, masukan, atau sekedar cerita tentang pengalamannya. Dan #Hijab101 akan memberikan 'starter pack' bagi 'newbie' yang kurang mampu. Buat kamu yang sudah lama berjilbab jangan khawatir. Di awal komunitas ini sedang menjalankan program #1paris1moslemah . 
Seorang muslimah menyumbangkan satu potong jilbab parisnya untuk diberikan kembali kepada muslimah lain yang baru saja memulai perjalanan hijabnya
Jadi buat kamu yang sudah lama mengenakan hijab dan mampu, bisa berdonasi  1 jilbab parisnya untuk teman-teman 'newbie'. Meminjam tagline #Hijab101 Mudah dan Indah bukan?


Kalo bukan sekarang , kapan lagi berbuat baik? Mari menyebar kebaikan :)