Monday, May 07, 2012

Flashmob Nandak Betawi

Tempo hari saya berkesempatan berkenalan dengan salah satu None Jakarta, Pudji Masniari. None Jakarta Pusat tahun 2009 ini lagi mampir ke kantor saya. Lagi serunya ngobrol berceritalah dia tentang tarian Nandak khas Betawi. 


Apa sih tarian Nandak?


Dikutip dari situs Pemerintah Jakarta, Tarian Nandak khas Betawi ini sebenernya bernama 'Nandak Ganjen'. Bujug... ganjen maksudnya genit? Ternyata iya. Ini tarian muda-mudi yang baru beranjak dewasa gitu.
"Nandak" artinya menari, sedangkan "Ganjen" berarti genit dan lincah. Tari Nandak Ganjen menggambarkan anak yang baru Gede ( ABG ), yaitu muda-mudi yang sedang beranjak dewasa, mengungkapkan perasaannya yang ceria, gembira, menuntut kebebasan. (Referensi : Dinas Kebudayaan Dan Permuseuman Propinsi DKI Jakarta, Ikhtisar Kesenian Betawi, 2003)
Tarian ini otomatis dibawakan ato lebih tepatnya dipelajari ama setiap finalis Abang None lho. Jadi kalo mo jadi Abnon musti jago nari juga. Heheh. Setelah udah cerita asal-usulnya... Pudji juga cerita bahwa akhir pekan ini (13 Mei 2012),  Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) lagi mo ngadain Flashmob Nandak.


WOW! Flashmob Nandak! 


Di pikiran saya sudah terbayang serunya orang yang tadinya tak kenal satu sama lain tiba-tiba menari bersama. Tarian Nandak pula, yang merupakan tarian daerah asli Betawi. Karena saya juga seneng banget nari dan sudah lama pengen nari lagi kesempatan ini gak saya sia-siain. Gimana caranya?







Jadi pendaftarannya mudah banget. Tinggal kirim sms ke Nama Lengkap, Nomor Telepon, Usia, dan E-mail melalui SMS ke 0819 3263 8579 atau bis ajuga kita kirim email ke jakartafunrun@gmail.com


Nah.. biar kita kompak geraknya pas nari di Flashmob ntar, ada videonya nih... 
 Video koreografi Flashmob Nandak Abang-None Jakarta



Pas saya lihat sih gerakannya tidak susah kok. Polanya 1x8 - 1x8 - 1x8- 1x8. Jadi bukan 4 hitungan udah ganti gerakan atau bahkan 1-2 hitungan sudah harus bergerak yang lain :). Sekilas aye pantengin sih aye rasa semua bisa... 

Kalau mo latihan bareng juga bisa... Detailnya Follow @abnonjakarta atau cari di  #IndonesiaMenari #FlashmobNandakAbnon. 

Oya kata Pudji, ni flashmob bakal digelarnya di Bunderan HI Minggu 13 Mei 2012. Jamnya, kita simak di Twitternya aje ye...


Eh ini gak musti bisa nari lho. Mau tua muda, enyak babe, encang encing, semuaaanye deh. Katanya lagi, ini Flashmob PERTAMA di Indonesia yang formatnya tarian khas daerah cing!! Seru ya? Penasaran banget pengen cepet-cepet Minggu.


MARI MENARI BERSAMA, INDONESIA KU!