Tuesday, June 15, 2010

Tulang Rusuk







'Hati2 tulang rusukku'
14.06.2010 06.26pm


Begitu bunyi pesan singkatmu.








http://farrosih.blogspot.com/2009/07 






Semalam,aku baru saja tersentuh setelah membaca cerpen karya Fajar Nugros yang berjudul 'Cantiknya Melukai'.
Kisah pemuda yang mengaku brengsek tetapi memiliki kesempatan berangkat ke tanah suci. Setibanya disana ia lagi-lagi beruntung memiliki kesempatan bertatapan dengan Hajar Aswad, batu hitam disudut ka'bah.

Banyak doa yang  ia siapkan untuk dibacakan saat tepat berada di depan hajar aswad. Tapi, yang terjadi dalam sepersekian menit ditengah kerumunan orang yang berdesakan menyikutnya, hanya satu hal yg terlintas.Wajah cantik pasangannya, dan niatnya untuk menikahinya.


Sesampainya di Indonesia ia bercerita pada Kiainya. Tentang satu-satunya doa yang berhasil ia ucapkan, dan sakitnya hantaman dari kerumunan di dekat hajar aswad.

Kiai hanya berkata "Begitulah rasanya, bila rusuk tercabut"
Anak muda itu masih tak paham.
Kiai menegaskan "Tuhan menciptakan jodohmu dari tulang rusukmu sendiri."

Selesai membaca cerita itu tepat pesan singkatmu masuk. Mengatakan perasaan sayangmu. Cerita itu rencananya akan kubagi denganmu suatu saat.

Entah kenapa kita sering memikirkan dan mengutarakan hal yang sama dalam waktu yang nyaris bersamaan.

Sudahkah kamu kesakitan karena kehilangan satu ruas tulang rusukmu?
Maaf menyakitimu karena Tuhan mengambil tulangmu dan itu adalah aku.

"Nabi bersabda: Peliharalah perempuan-perempuan itu sebaik baiknya, karena sesungguhnya perempuan dijadikan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya yang paling bengkok dari tulang rusuk itu, ialah sebelah atasnya. Maka jika engkau coba meluruskannya niscaya engkau patahkan dia. Dan jika engkau tinggalkan saja dia akan tetap bengkok. sebab itu peliharalah (jagalah) perempuan itu baik-baik" -{Hadis yang dirawikan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah}-