Friday, March 19, 2010

Kualitas Loyalitas Dari Anjing

Entah ini bisa dikategorikan sebuah tulisan perenungan, pembelajaran atau resensi film.

Film terakhir yang saya sempat tonton di bioskop adalah Hachiko. Film yang diangkat dari kisah nyata dan sangat melegenda di Jepang.


Dalam film ini tokoh utama adalah seekor anjing. Iya,  anjing. Menarik bukan? Anjing ini dipungut di stasiun oleh seorang Professor perguruan tinggi yang mengajarkan seni pertunjukan. Anjing ini akhirnya diberi nama Hachi.

Hubungan keduanya sangat erat. Bahkan istri profesor sempat cemburu akan keberadaan Hachi. HAchi selalu mengantar dan menjemput profesor di stasuin kereta api pada jam yang sama setiap harinya.
Profesor meninggal mendadak ditempatnya mengajar, Hachi tidak mengerti bahwa tuannya sudah tiada. Ternyata Hachi tetap setia menunggu tuannya di stasiun tersebut selama hampir satu dekade. Semua orang disekitar stasiun sudah sangat mengenal Hachi.

Loyal dan cinta, dua kata yang menjadi inti dari film tersebut.




Legenda di Jepang mengisahkan, Hachikō adalah seekor anjing jantan jenis Akita Inu kelahiran Odate, Prefektur AKita. Ia lahir pada 10 November 1923, dan meninggal 8 Maret 1935.  Ia terus dikenang sebagai lambang kesetiaan anjing terhadap majikan. Setelah majikannya meninggal, Hachikō terus menunggu majikannya yang tidak kunjung pulang di Stasiun Shibuya Tokyo.


Pada 8 Juli 1935, patung Hachikō didirikan di kota kelahiran Hachikō di Ōdate. tepatnya di di depan Stasiun Odate. Patung tersebut dibuat serupa dengan patung Hachikō di Shibuya.
Di tahun 1944 Perang Dunia II  menyebabkan patung peunggu tersebut dilebur, dan akhirnya didirikan lagi di Shibuya pada tahun 1948. Patung tersebut merupakan karya pematung Takeshi Andō, anak laki-laki Teru Andō.

Mengharukan ya? Seekor anjing sangat loyal pada majikannya. Seharusnya manusia yang dianugerahi  akal, budi , dan rasa bisa lebih bersikap loyal dan mencintai sesama.

Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang loyal dalam koridor yang baik tentunya. Amin :)


Yang belum lihat filmnya, harus nonton . Trailernya bisa diklik disini Hachiko