Tuesday, August 25, 2009

Internet: No distance


aku inget
16 tahun tinggal di kota kecil
dan hidup di lingkungan yang bisa dikatakan homogen

16 tahun nyaris tidak punya teman baru selain teman-teman yang kukenal sejak TK
bisa dibayangkan seberapa dekat tingkat persahabatan aku dan teman-temanku

'kamu sekolah di Jogja ya dek'
itu kata-kata dari bapak ibuku yang paling aku ingat
selain penjelasan mengapa aku harus lebih dulu meninggalkan teman-temanku dibanding mereka

berpisah dengan teman-teman yang sudah 16 tahun kukenal bukan hal yang mudah
terbayang banyak hal
bagaimana aku bisa tetap bertukar cerita dengan mereka tentang sekolah baru ku?

internet
bukan barang yang awam seperti jaman sekarang
di umur 17 tahun aku pertama kali punya email
beruntung kakakku meperkenalkan aku dengan internet sebagai alat komunikasi dengan dia yang sedang sekolah di negeri orang

handphone
belum menjadi kebutuhan melainkan barang yang mahal dan tertentu saat itu
aku inget bapakku saj puny ahandphone saat itu karena difasilitasi kantor

telepon
saat itu jaringan telkom belum mau membuka sambungan baru di daerah rumahku
mengenaskan ya?

satu-satunya cara adalah
koresponden melalui surat pos dengan teman-teman
makan waktu dan biaya

seiring berjalan waktu
internet mulai ramai digunakan
dan itu mempermudah aku berkomunikasi dengan teman-teman lama
nggak kerasa sampai dengan detik ini
masih bisa berkomunikasi dengan teman-teman lama hanya dengan duduk di depan laptop
apalagi dengan adanya friendster -awalnya- dan facebook sekarang
semakin banyak teman-teman yang aku temukan lagi setelah 10 tahun lewat aku nggak pernah tahu keberadaannya
jarak dan perbedaan waktu sekarang bukan suatu penghalang untuk sekedar menyapa teman lama kita

cuma mau berbagi
friendship never end ya?
___________________________
Taked from my FB notes
Wrote on: Tuesday, March 24, 2009 at 1:03am

No comments:

Post a Comment