Monday, August 24, 2009

Pertanyaan Terakhir



"Assalamu'alaikum, ini..."
Sambil lalu kuberikan buku itu padanya
"Walaikumsalam..."
Dia menjawab setengah heran melihat aku yang terburu-buru menyerahkan buku dan berlalu

*
"Hai!"
Siapa ya?aku mengernyitkan dahi sambil memicingkan mata , memastikan siapa orang yang berjalan menghampiriku
"Lupa,Luh?"
Luh?yang memanggil aku seperti itu hanya teman sekolah aku.Terkejut jelas, karena dia memang temen sekelasku dulu di bangku menengah.
"Dimas??"
Lawan bicaraku menanggukan kepalanya dnegan mantap sambil tersenyum
"Haaaa...??!!!Apa kabar lo??!!"
AKu menjabat tangannya dan tak lama kami sudah larut dalam pembicaraan seru

*
"Jadi aku harus gimana?"
Piring denagn sisa makanan didepanku menjadi saksi bisu keluhanku kali ini.
"Baiknya kamu berterus terang kepada beliau"
Dia melontarkan kalimat saran sembari memainkan sedotan di dalam gelas yang sudah kosong
"Iya, pemimpin yang baik pastinya peduli dengan staffnya"
Sambil menghela nafas kuraih secangkir teh didepanku.
Aroma tehnya membuat aku sedikit rileks.Kehadiran dia disampingku juga meringankan aku.

*
Setumpuk tissu kotor dihadapanku membuat aku semakin tidak bersemangat hari ini.
"Hatcyi!"
Tak lama handphoneku berbunyi
'Dimas calling...'
"Halo"
"Assalamualaikum"
"Walaikumsalam.Ada apa mas?" Aku bertanya sambil menyeka hidungku
"Hatcyi!"menghela nafas sejenak "Alhamdulillah..."
"Yarhamukallah.."
AKu tertegun sambil menjawab "Yahdikumullah.."
"Sakit?"
"Iya, tapi tetep masuk,pekerjaan ini nggak bisa menunggu. Beliau akan berkata apa kalau file ini tidak segera di proses.." keluhku.

*
"Kamu ngoyo banget sih..."
"Mas, aku kan cuma nggak ingin tambah bermasalah dengan Beliau.Makanya tetep masuk dan bekerja kemarin.."
Aku membela diri menarik nafas seraya memencet-mencet tombol remote TV
Dia hanya tersenyum memandangiku
"Kalau sakit begini kan yang susah kamu juga"

*
Dia sangat baik kepadaku
Awalnya saat sekolah aku hanya berani meminjam buku padanya dan mengembalikannya seraya mengucapkan salam.
Lalu kami bertemu lagi dalam usia yang jauh lebih dewasa. Dia memanggilku saat itu.
Dia memberiku saran ketika aku butuh solusi,
Dia mendoakanku disaat aku bersin,
dan dia menjengukku ketika aku sakit.

Pertanyaan terakhir, akankah dia hadir dipemakamanku saat aku menutup usiaku?

*
Dari Abu Hurairah R.A bahwa Rasulullah SAW bersabda:
"Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah; bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)". *HR Muslim*.

No comments:

Post a Comment